The Coolness of a Stubborn

by kqer

“Semua orang itu dilahirkan kreatif..kecuali yang idiot.” – Elidjan

Ini adalah sebuah frase yang saya dapatkan siang tadi saat mengikuti kelas Kapita Selekta. Saya sepenuhnya setuju dengan frase simple itu. Yang membuat seseorang terkadang tidak berani mengungkapkan idenya justru karena sudah terlanjur takut idenya ditolak oleh orang-orang sekitarnya.Saya sendiri pernah merasakan penolakan tersebut. Sadar atau tidak sadar, kita adalah mahkluk sosial yang sedikitnya mendengar pendapat orang lain bahkan teman terdekat kita, yang kita pikir orang yang paling memahami cara pikir kita, akan memikirkan hal-hal yang membuat ide tersebut terlihat seperti bukan ide yang baik. Hal itu sangat alamiah (kalau teman terdekat kita itu juga mempertanyakan ide kita tersebut) karena setiap orang punya latar belakang dan pengalamannya masing-masing. Saya tidak merasa setiap penolakan  itu buruk, bahkan penolakan itu bisa menjadi point untuk kita berpikir lebih kritis lagi.

Masalahnya, berapa banyak orang yang bisa mempertahankan idenya saat “ditolak”?

Kita menyebut orang-orang yang bisa mempertahankan pendapatnya sebagai si “keras kepala” a.k.a stubborn. Butuh keberanian yang besar untuk tetap bertahan walaupun ditolak. Namun tentu si keras kepala ini juga harus mempunyai alasan yang cukup kuat juga untuk mempertanggung jawabkan pendapatnya dan bukannya menjawab “ya POKOKNYA begitu!” <— si keras kepala yang nonsense.

Saat seseorang mempunyai ide baru di dalam kepalanya, cobalah cari tahu lebih jauh tentang ide tersebut, pertanyakan sedikit lebih jauh, carilah dulu alasan untuk mempertahankannya dan bagaimana ide tersebut bisa menjadi sesuatu yang real di kemudian hari. Setelah itu barulah coba ceritakan ide tersebut kepada teman-teman terdekatmu.

Dan saat kita mampu mempertahankan ide setengah matang tersebut di depan orang lain, kita akan memperoleh pandangan yang lebih luas lagi karena mereka akan mengungkapkan pendapat mereka juga atas ide tersebut. Dengarkan baik-baik pendapat mereka karena bisa memperkaya cara pandang kita. Pendapat teman-teman kita itu bisa membawa kita melihat ide kita dengan sudut pandang yang berbeda.

Jangan cepat putus asa saat teman kita "menolak" ide kita.  Mereka hanya melakukan bagian mereka.

Being a stubborn is cool as long you can explain ur reasons,

so you don’t look like a dumb stubborn.